Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Indeks Berita

UNIKI, Workshop PHP2D Anggaran 2021 ini Dlaksanakan Secara Hybrid Learning

Kamis, 25 Maret 2021 | Maret 25, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-25T11:04:12Z
Foto, Acara workshop PHP2D tahun anggaran 202, Kamis 25/03/2021

Mitrainfo.com – Takengon. kelompok mahasiswa Universitas Islam kebangsaan Indonesia(UNIKI),
Setelah memenangkan program hibah yang dikenal dengan istilah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2020 .

Acara workshop PHP2D tahun anggaran 2021 ini dilaksanakan secara hybrid learning, dengan mengundang 10 PTS yang secara langsung di Hotel Parkside Petro Gayo, Kota Takengon Aceh Tengah, termasuk dari UNIKI.  Acara berlangsung pada Rabu sampai Jum’at, 24-26 Maret 2021.  
Sedangkan PTS lain dapat mengikutinya secara daring, melalui aplikasi zoom meet. Demikian informasi yang disampaikan melalui hubungan WA dengan Pembina PHP2D UNIKI, Dr. Azhari, S.E., M.Si, Ak, CA dari Negeri diatas awan, Takengon.

berharap tahun ini bisa meningkat lagi jumlah kelompok PkM Mahasiswa di Kampus mellinial ini.  Menurut informasi LLDikti, tahun 2020 lalu, hanya  (lima) kelompok mahasiswa di PTS Aceh yang mampu memenangkan hibah ini, dari 220 proposal yang diberikan pemerintah.  Oleh karenanya, tahun ini, pihak Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh, coba lebih giat mensosialisasi sekaligus menggelarnya lebih dalam  

Azhari yang mendampingi  seorang mahasiswa dari kelompok PHP2D UNIKI, Khuzaimah, lebih lanjut menyatakan, sedianya ada beberapa mahasiswa yang berencana untuk ikut workshop tersebut, namun pihak panitia hanya membatasi 20 peserta saja, dari 10 PTS yang diundang langsung ke Takengon.  

"Insya Allah, sebut Azhari untuk mensosialisasi dan menindaklanjuti pembelajaran dan informasi dari hasil workshop ini akan kita laksanakan tindaklanjutnya di kampus UNIKI", ujar Azhari.

Kepala LPPM UNIKI, Azhar, telah sepakat dengan para dosen Pembina mahasiswa dan kelompok dosen pengabdi di LPPM, akan bekerjasama dengan Bagian Kemahasiswaan, untuk melaksanakan Choacing program PHP2D 2021 ini pada hari Sabtu, 27 Maret 2021 di kantor LPPM.  

Untuk hal itu, sebut Azhari telah bersedia 8 dosen Pembina dan pembimbing PkM Mahasiswa menyatakan ikut serta dalam Choacing ini.  Harapan beliau, tahun ini, akan coba mendongkrak minimal 5 proposal mahasiswa UNIKI dapat memenangkan hibah ini, pungkas Azhari.

Juga, bagi Khuzamah, merasa sangat beruntung bisa mendapatkan langsung infoemasi mengenai program ini dari sumbernya.  Khususnya dengan pedoman baru PHP2D tahun ini, sebut Khuzamah melalui WA.  Dan atas instruksi Wakil Rektor III, agar juga mensosialisasikan dan membagi informasi yang diperoleh kepada teman-teman kelompok PHP2D ataupun kelompok mahasiswa PkM dan UKM Entreprenuership UNIKI, tambah Khuzamah.

Para pemateri semuanya berasal dari pimpinan dan para Staf ahli sekaligus Reviewer PHP2D dari LLDikti XIII Aceh, diantaranya adalah Sekretaris LLDikti XIII, Dr Muhammad Ilham Maulana, yang menjelaskan panjang lebar tentang Maksud dan Tujuan PHP2D dan arti pentingnya bagi PTS di Aceh. 

Sekretaris LLDikti XIII Aceh menyatakan, Program Hibah Bina Desa yang dimulai sejak tahun 2011 adalah pelaksanaan pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh mahasiswa dan sekaligus merupakan implementasi dari konsep Bela Negara dalam pelaksanaannya terus mengalami peningkatan.

Insya Allah setiap tahun, ujar Ilham Maulana, pemerintah menyediakan baik jumlah proposal, kuota bantuan maupun jumlah organisasi mahasiswa dan perguruan tinggi pengusul, terus meningkat. 

"Pada tahun 2021 program ini, dikembangkan menjadi Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa sesuai dengan isi dari Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2020," Program ini akan terus ditingkatkan kualitasnya agar dapat lebih memberikan motivasi dan menumbuhkan kepedulian mahasiswa dalam memberikan kontribusi pada pembangunan desa, tutup Ilham, Lansiran Win Konadi. (wardi)
×
Berita Terbaru Update