Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

HMJ Ilmu Pertanian UNIKI Menangkan Program PKM Mahasiswa Tahun 2021

Selasa, 06 Juli 2021 | Juli 06, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-07-06T15:14:28Z
Kelompok mahasiswa yang terhimpun HMJ, 6/Mei

Mitrainfo.com-Setelah sukses memenangkan Hibah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dari Kemdikbudristek tahun 2020 lalu. Kali ini kelompok mahasiswa yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Pertanian pada Fakultas Sain Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI).  
Hal sudah dapat dipastikan dari pengumuman yang ditayang melalui Simbelmawa 6 Mei 2021 lalu.  

Informasi yang disampaikan oleh Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan Faperta UNIKI, Mustaqim, M.Si, proposal PkM yang dimenangkan mahasiswa Ilmu Pertanian ini mengangkat tema Aplikasi Jenis Mikoriza terhadap Beberapa Dosis Rock Pospat pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Okra Pada Tanah Ultisol.

Kegiatan ini di ketua oleh Mursalin mahasisiswa prodi Ilmu Pertanian Angkatan 2020 yang di bimbing oleh Mizan Maulana, S.P, M.Si. Kegiatan PKM dilaksanakan di Kebun Percobaan Faperta UNIKI Selama 3 bulan kedepan, ujar Mustaqim.

Mustaqim berharap dari kegiatan ini nantinya dapat sebagai pengembangan tanaman pangan dan hortikultura, khususnya bagi masyarakat sekitar. Karena, tanaman okra (Abelmochus esculentus L. Moench) merupakan tanaman yang termasuk famili Malvaceae dan berasal dari wilayah Afrika bagian tropic, tutup Mustaqim.

Wakil Dekan FAPERTA UNIKI, Mizan Maulana, SP, M.Si merasa bersyukur, para mahasiswa sudah mampu bersaing dan bersanding dengan mahasiswa se-Indonesia dalam mengsukseskan program Kementerian Dikbud Riset tahun 2021 ini.

Menurut Mizan, materi yang diangkat dalam PkM mahasiswqa ini sangat urgen dan suatu pembelajaran bagi mahasiswa. Kita ketahui tanaman okra saat ini sudah banyak dikembangkan di berbagai negara tropis dan subtropis. Kurang dikenalnya tanaman sayuran ini dikarenakan banyak yang belum mengetahui kandungan dan kegunaannya. 

Buah okra mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi dimana pada setiap 100 gram buah muda okra mengandung 33 kalori, 7 gr karbohidrat, 3,2 gr serat dan 81 mg kalsium. Buah okra mengandung banyak lendir karena kandungan seratnya yang tinggi. Maka dengan penambahan Fungi Mikoriza hendaknya tanaman okra tersebut mampu tumbuh dan berkembang pada lahan yang kritis. ujar Mizan Maulana .

Dekan Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan, Ir. Suryani M.Pt berharap dengan kegiatan PkM sekaligus juga Penelitian ini di harapkan tanah ultisol di Kabupaten Bireuen dapat di gunakan sebagai media tanam yang baik dengan pengaplikasian cendawa mikoriza dan rockposphat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman okra. 

PkM ini juga diharapkan bisa menjadi acuan untuk lebih lanjut dilakukan penelitian selanjutnya, baik dalam proses pembelajaran maupun kegiatan ektra kurikuler mahasiswa. Tanah ultisol yang terdapat di bireuen memiliki potensi besar untuk budidaya tanaman okra dengan perlakuan-perlakuan yang diterapkan pada tanah sebagai media tanam. 

Pengaplikasian mikoriza dan rockposphat pada tanah ultisol mampu memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman budidaya sehingga tanah ultisol tetap dapat digunakan oleh petani sebagai media tanam yang subur untuk dijadikan lahan budidaya pertanian, pungkas Suryani.(Wardi)
×
Berita Terbaru Update