Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Di Bireuen, Banyak Kontraktor Abaikan Pamplet Proyek DAK Tahun 2021

Sabtu, 18 September 2021 | September 18, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-19T17:01:41Z
Foto Pamplet Pronyek Bangunan Sekolah tidak terpasang, Sabtu,18/09


MitraInfo.com--Bireuen, Pronyek
Pembangunan  gedung dan Rehab sekolah SDN  dan SMPN  terus saja berlangsung di kabupaten Bireuen , bantuan itu diserahkan melalui.bantuan Dana Alokasi Khusus atau DAK Tahun 2021.


Pembangunan gedung dan Rehap sekolah,ataupun BMCK  ini dikucurkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, sedangkan untuk PPTK kegiatan dipegang oleh Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Bireuen.

Terpantau Media ini, sabtu (18/9)2021,masih banyak sekolah yang dibangun oleh kontraktor sebagai rekanan ,tidak memasang papan nama atau pamplet proyek, dengan begitu mereka secara langsung sudah kangkangi UU Nomor 14 Tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik dan juga Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012 yang mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek dan memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, kontraktor pelaksana serta nilai kontrak dan jangka waktu pengerjaannya.


Transparansi anggaran sudah menjadi keharusan dilaksanakan pemerintah dalam menjalankan program kerjanya. Dimulai sejak awal sampai akhir sebuah proyek yang dilaksanakan pemerintah. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan tender, sampai pelaksanaan proyek.


Adapun secara teknis, aturan tentang pemasangan papan pengumuman proyek biasanya diatur lebih detail oleh masing-masing provinsi. Maka jika di lapangan terdapat sebuah proyek yang tidak menyertakan papan pengumuman proyek, sudah jelas menabrak aturan. Bahkan patut dicurigai proyek tersebut tidak dilaksanakan sesuai prosedur sejak awal, disini akan tercipta Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN ).


Menyikapi hal.tersebut, Kadisdikbud Bireuen, Muhammad Al-Muttaqin S.Pd.M.Pd , saat dikonfirmasi sebelumnya,oleh Media ." Ia akan menindaklanjuti persoalan ini kepada rekanan" jangan sampai ada satupun pembagunan di satuan pendidikan yang  berurusan dengan pihak  hukum" tuturnya".


"Maka dari itu,semua rekanan di imbau Kadisdikbud Bireuen, untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,terutama memasang pamplet proyek sebagaimana mestinya sesuai aturan yang berlaku ,agar  kegiatan berjalan lancar " harapnya".(*)

×
Berita Terbaru Update