Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Indeks Berita

Pemkap Bireuen, Stadion Cot Gapu Akan Dijadikan TTH Untuk Masyarakat

Rabu, 15 September 2021 | September 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-19T01:17:44Z


Ekskavator sedang merobohkan tribon tempat duduk penonton di Bekas Stadion Cot Gapu, Bireuen. Rabu, 15/09


MitraInfo.com, Bireuen - Konstruksi Pagar Beton dan tribon penonton serta Teralis besi yang mengelilingi Lapangan Bola Kaki berlokasi di Cot Gapu Kecamatan Kota Juang, Bireuen telah dirobohkan.


Hal itu dilakukan Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui proses lelang dan dilakukan oleh perusahaan pelaksana kegiatan guna direnovasi yang dananya bersumber dari APBK Bireuen.


Informasi dihimpun mitrainfo.com, bahwa lapangan yang dulunya sering digunakan sebagai lapangan upacara hari-hari besar oleh Pemkab setempat maupun sebagai tempat berlangsungnya pertandingan football itu akan segera dibangun Taman Terbuka Hijau (TTH) untuk masyarakat umum oleh Pemkab setempat. Rabu,15/09/2021.

Dari segi kegunaan atau fungsinya, TTH itu sendiri dapat digunakan sebagai areal terbuka hijau yang baik untuk suatu penyeimbang udara bagi masyarakat bersama sanak keluarga yang kelak menikmati suasananya. Apalagi di TTH tersebut nantinya akan tersedia sejumlah fasilitas yang bisa digunakan sebagai Tempat Upacara, Areal Olahraga lari yang dilengkapi dengan trackingnya dan juga menjadi tempat bersantai dengan keluarga saat-saat pagi dan sore hari.


Itu semua sesuai dengan pernyataan Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A Gani SH MH., beberapa waktu lalu. Ia menerangkan kepada salah satu media bahwa tempat yang dulunya berfungsi sebagai stadion tersebut bukan semata dirobohkan untuk dilenyapkan tanpa adanya fasilitas lain, tapi malah nantinya akan direnovasi Agar bisa dijadikan ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati langsung Masyarakat secara luas.


"Di lokasi TTH itu nantinya tetap ada lapangan hijau yang bisa dipergunakan untuk pesepakbola, tempat upacara tingkat Kabupaten, taman bermain keluarga serta bisa dijadikan areal Taman Terbuka Hijau (TTH) bagi masyarakat seperti di daerah lain," sebut Bupati Bireuen.


Apabila ditinjau lebih spesifik, letak Stadion Utama Cot Gapu sudah tidak layak lagi di era sekarang ini disebabkan tidak tersedianya areal untuk sarana dan prasarana pendukung seperti Tribun dan hal-hal lainnya. Apalagi jika digunakan untuk event berskala Nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) yang direncanakan dilaksanakan di Bireuen pada Tahun 2024 mendatang.


Maka, berdasarkan hasil survei, Stadion Cot Gapu tidak mungkin direkayasa menjadi sebuah Stadion Utama untuk suatu pertandingan setingkat PON, terutama menyangkut areal tribun serta tidak didukung areal parkir yang mencukupi serta pendukung lainnya. Tutup Bupati Muzakkar,(*)

×
Berita Terbaru Update