Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Program KOTAKU di Desa Keude Peulimbang Hampir Selesai

Senin, 27 September 2021 | September 27, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-27T16:15:26Z


Foto, KSM Desa Kede Peulimbang, Senin, 27/09

MitraInfo.com--Bireuen, Program Pemerintah Pusat Melalui kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia dalam mewujudkan Desa, Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang dirasakan langsung oleh masyarakat di Provinsi Aceh, tepatnya di Desa Keude Peulimbang Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen, melalui Aspirasi H. Ruslan M Daud SE, yang merupakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Aceh 2, Komisi V dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB).


Desa Keude Peulimbang Kecamatan Setempat, menjadi salah satu penerima realisasi Program Desa, Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun 2021 melalui aspirasi HRD Anggota DPR RI Komisi V F-PKB.


Syahabuddin, SP, selaku Ketua Kelompok Suwadanya Masyarakat (KSM) didampingi Sekretaris Marzuki, S. Kom, dijumpai Media MitraInfo.com,Senin,27/09/2021, mengungkapkan bahwa dalam program Desa, Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dibawah kendalinya mendapat pekerjaan meliputi pembangunan Jalan rabat beton, Saluran, Pipanisasi dan Sanitasi air bersih serta Paving blok, itu sedang berlangsung dan semoga dalam pekerjaan bisa lancar serta sukses tanpa hambatan apapun.

"Syahabuddin mencontohkan, untuk program Pipanisasi, program tersebut sangat terasa manfaatnya terhadap masyarakat, karena sebelum itu masyarakat di Keude Peulimbang tidak menikmati air bersih yang Higenis secara memadai. Kini, kualitas air bersih diidamkan sudah dapat dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat setempat.


Ia menjelaskan, untuk megsuskseskan sejumlah pekerjaaan pembangunan tersebut dikerjakan secara serentak dan turut membuka peluang kerja terhadap sedikitnya 49 orang pekerja yang berasal dari kalangan masyarakat setempat.


Sementara Marzuki, S.Kom, selaku sekretaris KSM mengatakan, item pekerjaan di Keude Peulimbang telah berjalan selama tiga Minggu, Senin 27 September 2021 dan diperkirakan volume pekerjaan sudah mencapai 60%.


Ditambahkan Marzuki, untuk seluruh pekerjaan Ia menargetkan pekerjaan akan tuntas dilaksanakan dalam rentang waktu satu bulan ke depan.


Harapannya, dengan adanya program pembangunan KOTAKU di Gampong Keude Peulimbang Kecamatan Peulimbang, Kabupaten Bireuen, hendaknya dapat merubah nuansa kumuh yang dulunya menghiasi Keude Peulimbang agar kedepannya bisa menjadi daerah ramah lingkungan dan tidak lagi kumuh sehingga sedap dipandang mata.


Ridwan, Sekdes Desa tersebut mewakili masyarakatnya mengucapkan terimakasih kepada H. Ruslan M Daud (HRD) karena telah berpartisipasi nyata dengan menurunkan program KOTAKU ke Desa Keude Peulimbang. Semoga Bantuan ini bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat khususnya dan Kecamatan Peulimbang secara umumnya. Karena desa merupakan pusat jual beli (pasar tradisional) bagi masyarakat sekitar.


Ia juga tidak menafikan, jika masyarakat menyambut dengan sukacita dengan adanya Program Padat Karya dimasa pandemi ini dalam memberikan bantuan berbentuk upah tenaga kerja kepada masyarakat terdampak Covid-19, yang diantaranya mengalami Putus Hubungan Kerja (PHK) serta masyarakat yang mengalami penurunan/kehilangan pendapatan, terpeliharanya aset infrastruktur yang ada di Desa Keude Peulimbang melalui pemeliharaan dan perbaikan yang dibangun program KOTAKU melalui swakelola masyarakat.(Wardi)

×
Berita Terbaru Update