Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Indeks Berita

Bupati Bireuen, Menggelar Dasar Pemantapan Ideologi Bela Negara

Kamis, 18 November 2021 | November 18, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-18T16:05:50Z


Bupati Bireuen dalam pidato Dasar penetapan Ideologi Bela Negara,Kamis 18/11

MitraInfo.com--Bupati Bireuen Dr.H.Muzakkar A Gani SH.M.Si, Menggelar Dasar  Pemantapan Ideologi Dan Bela Negara, Yang dibuka langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bireuen, di Oproom  Kanpuspemkab setempat. Kamis 18/11/2021


H.Muzakkar. dalam pidatonya menerangkan, Ideologi dan Pembinaan Bela Negara. Bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, agama, bahasa, kepercayaan dan adat istiadat yang merupakan anugerah dari Allah yang maha kuasa yang patut kita syukuri dan merupakan faktor pembentuk wawasan kebangsaan. 


Hal tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan menyimpan potensi kekuatan budaya untuk dapat ikut mewarnai peradaban dan  kesejajaran dengan bangsa-bangsa lainnya dalam percaturan Internasional.


Oleh karena itu, maka kemajemukan dan pluralitas bangsa Indonesia harus dikelola secara baik dan harus dipertahankan dengan cara memelihara, melindungi dan mengembangkan melalui pelaksanaan nilai-nilai kebangsaan baik tingkat nasional maupun di tingkat daerah agar senantiasa menjadi kekuatan bersama dalam membangun masyarakat, berbangsa dan bernegara.


"Namun demikian dalam perkembangannya, pengaruh globalisasi menghadirkan pula berbagai permasalahan terutama sejak bergulirnya era reformasi Tahun 1999. Dibeberapa Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mengalami berbagai krisis kebangsaan akibat konflik, kekerasan kolektif horizontal dan vertikal, serta terorisme yang menyentuh kehidupan idiologi negara, sendi-sendi kehidupan sosial budaya masyarakat dan pertahanan, keamanan negara, yang eksistensinya mengancam terjadinya pemisahan wilayah dari keutuhan NKRI.


Terjadinya krisis kebangsaan merupakan permasalahan primer bangsa yang segera memerlukan tindakan recovery terhadap situasi dan kondisi IPOLEKSOSBUD HANKAM bangsa melalui kegiatan masyarakat dalam rangka menumbuhkan komitmen bersama segenap komponen bangsa menetapkan pencapaian cita-cita nasional, dan memperkokoh rasa kebangsaan sebagai warga NKRI.



Pemantapan ideologi dan bela negara, adalah cara pandang suatu bangsa terhadap prinsip-prinsip dasar kebangsaan yang menjadi ciri atau identitas kepribadian bangsa.  Sehingga dengan berpedoman pada cara pandang yang menjadi prinsip dasar kebangsaan itu, maka bangsa tersebut memiliki sikap dan jatidiri sesuai dengan nilai-nilai dasar yang dianutnya.


Pemantapan ideologi dan bela negara tidak hanya dilakukan oleh pemerintah tetapi semua komponen masyarakat dan pemuda-pemudi  mempunyai tanggung jawab sesuai dengan bidang tugas, dan kemampuan yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Generasi muda adalah aset bangsa yang sangat berharga bagi pembangunan suatu bangsa. Mereka adalah komponen terbesar dalam suatu Negara dan merupakan usia produktif dalam hal pola pikir dan kreativitas serta inovasi. Suatu bangsa dinilai maju bila generasi mudanya memiliki prestasi dan daya saing yang tinggi dalam suatu era kompetisi persaingan global. 


Dari itu semua ada hal yang tidak boleh dilupakan oleh generasi muda, yaitu kesadaran bela Negara dan sikap patriotisme yang harus tetap dimiliki.


Dengan menanamkan nilai-nilai perjuangan dan sikap patriotisme bela negara yang tinggi pada generasi bangsa Indonesia, diharapkan berbagai bentuk ancaman dari dalam dan dari luar dapat segera ditangkal, pemuda sebagai komponen terbesar dan pelopor pembangunan bangsa adalah asset bangsa yang harus dijaga agar tidak terkontaminasi oleh paham-paham yang dapat mengikis nilai-nilai perjuangan.


kami sangat mengharapkan kepada seluruh peserta dan para hadirin semua kita harus mampu meraih kemajuan tanpa mengorbankan harga diri dan martabat kita sendiri.

Sungguh Allah SWT akan menuntun kita semua kalau kita ikhlas, berusaha dan berdoa, semoga kegiatan hari ini bisa bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan sehari-hari.

Demikian sambutan Bupati Bireuen Dr.H.Muzakkar A Gani SH.M.Si


Dasar  Pemantapan Ideologi Dan Bela Negara, Narasumber (Unsur Polres, Unsur Kodim dan Unsur Pemerintah Daerah,dan Sosialisasi Mahasiswa/i dan Siswa/i dalam Kabupaten Bireuen, dengan pematri Unsur Polres Bireuen, Unsur Kodim O111/Bireuen.


Kegiatan Dasar Pemantapan Ideologi dan Bela Negara, hadir Asisten Pemerintahan, keistimewaan Aceh dan kesejahteraan Sosial, Kepala Badan Kesbangpol kabupaten Bireuen, Serta sejumlah Siswa SMKN di Kabupaten Bireuen.(**)

 


×
Berita Terbaru Update