Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Penyuluh Agama Melek Teknologi, BPPTIK Siap Wujudkan Penyuluh Milenial

Selasa, 02 November 2021 | November 02, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-02T05:25:38Z

 

Kominfo melaksanakan Pelatihan Teknis bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bagi Penyuluh Agama melalui program GTA

MitraInfo.com-Bireuen, Senin 01/11/2021, (Syahrati/ Frz)— Arus perkembangan teknologi melalui media sosial saat ini mengambil peran yang cukup besar dalam berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali di bidang dakwah.


Menghadapi tantangan tersebut, Kementerian Agama RI bekerjasa sama dengan BPPTIK (Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi) Kominfo melaksanakan Pelatihan Teknis bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bagi Penyuluh Agama melalui program GTA (Goverment Transformation Academy).


Pelatihan yang akan berlangsung selama 12 hari, mulai tanggal 1-12 Nopember 2021 yang diselenggaran secara daring/ online menggunakan aplikasi Video Conference dan LMS (Learning Managemen System). Adapun jumlah total peserta sebanyak 650 orang yang tersebar diseluruh Indonesia. 50 di antaranya merupakan penyuluh Agama Islam Provinsi (PAI) asal Aceh yang tersebar dari seluruh Kabupaten/ Kota.


Pembukaan kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan welcoming address dari Kepala BPPTIK, Dr Nusirwan SAg Msi. Dalam sambutannya, Nursiwan menyebutkan bahwa PAI merupakan agen of change di Republik Indonesia yang memiliki peran penting dalam memberikan pencerahan dan pencerdasan kepada umat Islam khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.


“Peningkatan kompetensi di bidang pengetahuan teknik informatika menjadi suatu kewajiban dan keniscayaan karena penduduk Indonesia yang berjumlah 250 juta lebih. Kurang lebih dua ratus sepuluh jutanya adalah pengguna internet dan sekaligus menjadi bangsa yang cukup tergantung besar pada informasi berbasis teknologi dan komunikasi,” ungkap Nursiwan.


Menurutnya, dalam kontek ini kementerian agama melalui kominfo dalam program GTA berkomitmen untuk mewujudkan penyuluh milenial dengan meciptakan perubahan pola pikir, corak, dan cara pandang dalam memanfaatkan peran serta PAI dalam menyampaikan pesan pembangunan kepada masyarakat dengan menggunakan aplikasi berbasis internet.


Dalam kesempatan tersebut, Nursiwan mengharapkan adanya keseriusan dan komitmen dari seluruh peserta pelatihan guna manfaatkan kesempatan yang baik ini seoptimal mungkin untuk menperoleh manfaat yang lebih luas dalam mencerdasakan kehidupan bangsa dan bernegara.


Kegiatan kominfo telah dilaksanakan sejak 2016. Pada tahun 2021, pihak BPPTIK mentargetkan sebanyak 100.000 orang yang terlatih di bidang TIK dari sumber dana APBN. Sedangkan pada kementerian agama sendiri telah mengirimkan sebanyak 2.500 PAI di seluruh Indonesia hingga angkatan ke-3.Sumber Kankemenak Bireuen(**)

×
Berita Terbaru Update