Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Warga Pulo Kiton Peringatan Kelahiran Rasul SAW, Puluhan Yatim disantuni

Minggu, 07 November 2021 | November 07, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-07T11:02:49Z

 

Pemerintahan Desa Pulo Kiton dan perangkatnya bersama Bupati Bireuen,Minggu 07/11

MitraInfo.com--Bireuen | Gampong Pulo Kiton kecamatan Kota Juang mengelar Maulidur Rasul SAW, menyantuni puluhan Yatim piatu, ini merupakan tradisi Islami. Pada ritual-ritual keagamaan, Bumi Serambi Mekkah ini memiliki tradisi rutinitas Tahunan dalam menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW.


Peringatan Menyambut Kelahiran Nabi Muhammad SAW "kenduri Mulot" berlangsung di Meunasah Gampong Pulo Kiton, dengan tidak kekurangan apapun Alhamdulillah berjalan lancar, Minggu 07/11/2021.

Keuchik Gampong Pulo kito M Dahlan AF, BSc Serta Perangkat Gampong tersebut, mengatakan kepada Awak media,
dalam perayaan maulid, momen ini menjadi sakral bagi masyarakat Aceh,  "Gampong Pulo Kiton" dalam kehidupannya sehari-hari melekat dengan nilai adat dan budaya. Maka tak heran apabila memasuki bulan Rabiul Awal, perayaan maulid Nabi terlihat sangat meriah.


"Keuchik Dahlan Desa Pulo Kiton bersama warganya diperingatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW dikenal dengan istilah "maulod". Dalam pelaksaan itu, warga menggelar kenduri besar dengan mengundang anak yatim dan kerabatnya dan warga Desa sekitar Gampong tersebut, Salah satu perayaan maulid Nabi terlihat jelas dari warga Gampong Pulo Kiton Kecamatan Kota Juang.


Umumnya, perayaan maulid tidak hanya digelar pada hari sebagaimana ditetapkan dalam kalender saja. Namun juga tetap digelar selama 4 bulan berturut-turut. Dapat dikatakan bahwa, perayaan maulid  merupakan perayaan kenduri dengan waktu terlama, Ujar Keuchik Dahlan.


Untuk ritualnya sendiri acara diwarnai lantunan Zikir Shalawat oleh Group "Dike" Gampong setempat beranggotakan puluhan anak-anak mengagungkan asma ALLAH SWT dan Rasulullah Muhammad SAW.


Momen tersebut, malam melanjutkan ceramah Agama, menghadirkan penceramah kondang Propinsi Aceh, berasal dari Kota Langsa" penceramah tungal Tgk MUHAMMAD DAR, M.Ay".


Dalam rangka peringatan Maulidur Rasul  SAW Tahun 1443 H, oleh Masyarakat Gampong Pulo Kiton Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, dihadir Bupati Bireuen H Muzakkar A Gani , Anggota DPRA Aceh F- PPP perwakilan Bireuen Amiruddin Idris dan Tokoh Masyarakat Desa sekitar,(**)

×
Berita Terbaru Update