Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Indeks Berita

Perilaku Buang Sampah Sembarangan Merusak Lingkungan

Senin, 17 Januari 2022 | Januari 17, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-17T05:25:44Z

 

Foto : Inilah akibat membuang sampah sembarangan akhirnya membahayakan bagi lingkungan, Senin,17 Januari.


Bireuen, Mitrainfo.Com -  Sampah menjadi salah satu masalah lingkungan yang sampai saat ini masih sulit di atasi sebab kita selaku manusia adalah penghasil sampah. Namun, yang menjadi problematik bukanlah masalah sampahnya, melainkan perilaku orang yang membuang sampah tersebut tidak pada tempatnya dan ironisnya dengan sengaja membuang sampah ke dalam saluran irigasi.


Di sisi lain hasil penelusuran media ini, Senin 17 Januari 2022, di jalan-jalan protocol dalam kota pihak Pemerintah sudah menyediakan tong sampah dan ditempatkan di depan ruko (rumah toko), namun pemilik toko akibat perilaku yang tidakl memperhatikan lingkungan bukannya membuang sampah ke dalam tong sampah tetapi dibuang ke dalam saluran irigasi dengan membuang sembarangan.


Kemasan makanan, puntung rokok, botol minuman bekas, hingga sisa makanan bahkan daging ayam adalah sampah-sampah yang sering kita lihat berserakan di lingkungan. Memang awalnya mungkin tampak sedikit, namun jika dibiarkan dan akhirnya menumpuk, kebiasaan ini akan membawa dampak buruk bagi lingkungan kita.


Akibat moralitas dan perilaku yang kurang memperhatikan lingkungan membuang sampah sembarangan akan mencemari lingkungan kita dan secara signifikan mengurangi penggunaan, kenikmatan, dan nilai tempat-tempat umum kita. 


Hal ini membuat lingkungan tampak kotor dan tidak terawat, dan membuat banyak orang jadi tidak nyaman. Tak hanya masalah kenyamanan dan keindahan, sampah yang dibuang di jalan, di sisi jalan, atau di mana pun, dapat tersapu atau terhempas ke sungai dan aliran air lainnya, mencemari tanah, saluran air, dan lingkungan yang ada di dalamnya.


Jika kita menelusuri jalan dari TK Pertiwi terus arah ke gerbang masuk Geudong-Geudong di sisi kiri kanan tampak pemandangan aneh dari perbuatan kita sekaligus menghirup aroma menusuk hidung penyebabnya adalah prilaku dan moralitas kita yang sudah tidak menghiraukan lingkungan.


Terkait masalah itu Asisten I Setdakab Bireuen yang kini juga PLT Camat Kota Juang,Mulyadi,SH mengakui diri beliau melihat sendiri ada orang yang sengaja membawa bungkusan sampah sudah dalam plastic sengaja melemparkan ke dalam saluran irigasi tanpa merasa bersalah.


Pak Mulyadi mengharapkan kita janganlah membuang sampah sembarangan tetapi sadarlah bahwa dampak buang sampah sembarangan bukanlah hal yang bisa disepelekan. Karena sampah yang bertebaran menjadi sumber penyakit bahkan kehidupan hewan terganggu, dan kesehatan manusia terancam sebab dampak buang sampah sembarangan menyebabkan kita binasa. (Nurdin Is)

×
Berita Terbaru Update