Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Indeks Berita

Tepas Hasil Anyaman Bireuen Tembus Ke Luar Negeri

Selasa, 18 Januari 2022 | Januari 18, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-18T03:27:46Z


Foto: Hasil Produk kerajinan Masyarakat Gampong Blang 
Reulieng kec Kota Juang, Kasa 18 Januari

Mitrainfo.com – Bireuen, Hasil Anyaman tepas bahan dari bambu produksi para ibu rumahtangga di Desa Buket Teukuh dan Blang Reuling, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen tembus penjualannya ke luar negeri.


Ibu Nurlaili kepada media ini Selasa, 18 Januari 2022 menyebutkan, hasil anyaman tepatnya yang dianyam dari bambu sebelum prosesi adanya pandemic wabah corona tembus ke luar negeri terutama Pulau Penang Malaysia. 


Disebutkan, beberapa tahun lalu tepas bambu dari Aceh banyak diminati warga Pulau Penang Malaysia dan mereka minta untuk di bawa ke sana dengan harga yang memuaskan.


“Saya diberitahu tetangga yang berobat ke Rumah Sakit Lam Wah Ie Pulau Penang Malaysia bahwa ada lima keluarga yang meminta untuk dibawakan tikar anyaman, namun hal itu tidak mampu memenuhi permintaan mereka sebab barangnya tidak mencukupi untuk dibawakan ke sana, sebab untuk penjualan di kawasan Bireuen saja tidak mencukupi barang,” sebutnya.


Menurut Nurlaili, ia tidak mampu memenuhi permintaan dari tempat penginapan tetangganya yang berobat ke Penang Malaysia itu sebab tidak ada modal untuk merajutnya.


Jikalau nantinya ada bantuan modal usaha dari pihak Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Bireuen barulah hasil anyaman yang memang sudah terkenal di Aceh  akan tembus pasar ke Luar Negeri,terutama Pulau Penang Malaysia.


Selain hasil anyaman tikar, tepas dari bambu yang diproduksikan oleh warga di dua desa itu, bila nantinya sudah ada bantuan modal usaha dari Pemkab Bireuen tentunya anyaman tikar mampu memberdayakan ekonominya dan anak-anak untuk bersekolah, bahkan hidup mereka tidak morat-marit dan akan mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan. (Nurdin Is) 


×
Berita Terbaru Update